Islam Bangkit dari Indonesia, Mungkinkan?

Melihat situasi dan kondisi yang terjadi di negara-negara Timur Tengah, yaitu perang saudara yang tak kunjung usai, timbul optimisme bahwa Islam akan bangkit dari Indonesia.

Optimisme tersebut bukan tanpa sebab, setidaknya ada empat hal yang dimiliki Indonesia sebagai syarat untuk menjadi pemimpin peradaban dunia ke depan.

Pertama, Indonesia adalah negara dengan penduduk terbesar dunia keempat setelah China (1,38 milyar), India (1,32 milyar), dan Amerika (324 juta). Dari total 237 jutaan penduduk Indonesia, sekitar 207 jutanya adalah pemeluk agama Islam. Dengan jumlah tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah ummat Islam terbesar didunia. Sebagai masyarakat mayoritas, ummat Islam memiliki tanggungjawab terhadap kemajuan dan kemunduran Indonesia dan Dunia secara umum.

Kedua, letak Indonesia sangat strategis didalam geopolitik internasional. Indonesia diapit oleh dua samudra; Hindia dan Pasifik. 40 persen lalu lintas perdagangan dunia berada di dua samudra tersebut. Dengan demikian, wilayah Indonesia sangat penting bagi perdagangan global.

Ketiga, sumber daya alam Indonesia sangat melimpah. Indonesia dikaruniai  kekayaan alam  yang  begitu kaya, baik di darat maupun di laut.

Keempat, Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ke-3. Dan uniknya, Indonesia adalah negara berpenduduk muslim terbesar yang mampu menyandingkan demokrasi dan Islam dalam satu tatanan negara. Di dalam praktiknya, tidak mudah menyatukan Islam dan demokrasi. Negara-negara Islam di Timur Tengah belum menemukan titik temu antara Islam, demokrasi, dan nasionalisme.

Ghiroh (semangat) persatuan ummat Islam dalam membela Islam semakin meningkat, hal ini terbukti dengan beberapa aksi bela Islam mampu  menghadirkan ummat Islam dalam jumlah besar. Tumbuh kesadaran ummat Islam dalam mengobarkan rasa Solidaritas membela ummat Islam yang tertindas.

Dari hal-hal tersebut diatas, tema acara yang akan diusung adalah

Indonesia sebagai Titik Awal Kebangkitan Islam Dunia

549total visits,4visits today

2 comments on Islam Bangkit dari Indonesia, Mungkinkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *